Senin, 13 April 2009

# tipsntrik

Cara mengatur waktu dan membuat jadwal belajar

Disiplin adalah kunci utamanya. Dengan disiplin pribadi yang tinggi kamu dapat menjauhi godaan yang mendorong kamu dalam kemalasan. Kalau kau seorang pelajar muslim, cobalah aplikasikan ajaran shalat. Shalat menidik orang berdisiplin waktu, bersih, teratur, rapi, berkonsentrasi de el el.

Berikut adalah cara membuat rencana belajar sehingga dapat memperoleh hasil yang baik.

1. Rencana Harian

Sebelum kamu membuat sebuah rencana harian, kamu kudu memperhatikan waktu dalan satu hari, mengetahui kegiatan-kegiatan apa yang bisa dilakukan dan kapan mengerjakannya. Serta berapa lama waktu yang dibutuhkan. Dari bangun pagi, shalat subuh, olahraga ringan, mandi, makan pagi, belajar, pergi ke sekolah, makan siang, shalat dhuhur, istirahat, shalat ashar, membaca surat kabar atau bacaan ringan, makan malam, belajar malam hari, mendengarkan radio atau menyaksikan TV, tidur, bangun malam, de es te.

Berikutnya kamu tinggal susun rencana kegiatan harian beserta waktunya. Rencana itu harus dibuat sebaik mungkin sehingga tidak merasa terikat oleh rencana tersebut. Rencana itu harus diberikan waktu yang cukup, relative longgar sehingga kamu tidak merasa dikejar-kejar oleh rencana. Untuk pertama kalinya memang berat, tapi lama kelamaan terasa ringan apalagi kalau sudah menjai kebiasaan. All beginning is difficult.

2. Rencana Mingguan

Untuk membuat rencana mingguan harus disesuaikan dengan rencana hariannya. Dalam rencana mingguan harus ditulis pekerjaan-pekerjaan yang mesti dikerjakan sekali seminggu. Misalnya Hari jum’at untuk mencuci atau menyetrika, Hari Minggu untuk jalan-jalan melihat pemandangan luas dan udara segar, Hari Selasa untuk mengaplikasikan hoby kamu atau mengembangkan bakat seperti olahraga, music, melukis, de el el. Rencana ini harus ditepati.

3. Rencana Bulanan

Rencana bulan yang maksud bukan rencana/ kegiatan yang kamu lakukan sekali sebulan, tetapi rencana belajar dalam satu bulan sebagai langkah pendahuluan untuk menghadapi ujian.

Untuk gampangnya, buatlah dulu skema seperti kalender. Kemudian sediakan tempat kosong dibawah angka tanggalnya untuk diisi satu mata pelajaran. Sedikit tips untuk mngisikan mata pelajarannya: susun/letakkan salah satu diantara pelajaran esok hari pada hari ini. Tapi, gunakan Hari Minggu untuk istirahat.

Kapan kita harus mengulangi pelajaran sesuai dengan rencana bulan tersebut??? Pagi, siang, sore, atau malam???

Karena malam dan pagi hari digunakan untuk mempelajari pelajaran-pelajaran hari itu, maka lebih baik bila dilaksanakan sore hari sekitar pukul 16.00 sampai pukul 17.30. dianjurkan mand dulu sebelum belajar sehingga badan terasa segar.

4 komentar: