Minggu, 27 Maret 2016

# holiday

Ngapain capek-capek naik gunung (?)

Long weekend hari paska kemarin jadi pengalaman pertama mucuk di atas gunung.

Flashback beberapa tahun lalu waktu masih duduk di bangku SMA suka heran sama anak2 mapala yang rajin banget naik turun gunung dengan bendera merah putihnya, carrier yang hampir segede badan dia dan scarf yang melingkar di leher. Ke atas cuma buat masang tenda, tidur kedinginan, kaki encok sana sini, makan seadanya, minum terbatas dan bikin gosong.

Lalu tayanglah film 5cm yang saya tonton di blitz megaplex central park Jakarta barat bermodalkan tuker poin friday movie manianya telkomsel bareng teman2 kampus. Film yang cukup keren, mungkin karena ada fedi nurilnya, plus fedi blum punya istri waktu itu (lah).

Kebiasaan latah orang Indonesia akhirnya menjadikan tahun itu tahun dimana display pic orang orang tiba2 di atas gunung smua. Kepikiran pengen juga waktu itu tapi rasa takut masih lebih besar sepertinya, yah namanya juga anak kuliah jauh dari rumah, tujuan ngerantau buat dapet ijazah ntar naik gunung malah bikin resah emak di rumah.

Beberapa kali mau nyobain tapi ada aja hambatannya, baru deh malam sabtu kemarin di ajakin teman kantor buat mendaki besok pagi. Blum punya persiapan dah waktu udah jam 9 malem, tanpa mikir panjang OK-in ajakan mereka dan langsung cabut ke minimarket beli ini itu buat bekal, di jalan bbm-in teman buat minjem carrier sma sleeping bag nya Alhamdulillah dapat, malamnya langsung packing dan besok sabtunya langsung GO!!!!

Tujuan kami ke puncak gunung Kie Matubu, gunung yang ada di Pulau Tidore, sepertinya gunung tertinggi di Maluku Utara ini.

Untuk sampai ke tidore kami harus nyebrang naik kapal kayu terlebih dahulu berhubung kami membawa motor. Waktu perjalanan kurang lebih 15 menitan aja dengan suguhan pemandangan laut yang subhanallah indahnya. Dari ternate saya berangkat bareng kak adit (teman kantor), kak adi (teman kantor juga) dan fuad (anak gunung tulen).

dari style udah kelihatan lah yah kami ini anak gunung gadungan 😂😅 antara mau mendaki atau mau ke tempat les Bahasa Inggris

selama di jalan saya wawancarain terus si anak gunung 😝 ngapain naik gunung terus? buat apa coba? ga capek apa? dia cuma bilang "nanti liat aja sendiri"

Sampai di tidore ternyata teman2 fuad udah pada nungguin dan banyak bnget yang mau naik. Yang lucu karena mereka ada yang cuman pakai sendal jepit bahkan nyeker gila yah 😂.

Sebelum mulai mendaki doa pun kami panjatkan terlebih dahulu. Karena ini kali pertamanya bagi saya makanya saya mau mengabadikan setiap detik perjalanan sampai ke puncak nanti. Siapin tongsis dan kamera Hp jalan dikit jepret, daki dikit jepret, ngos2an dikit jepret sampai medannya makin terjal saya putusin buat nyimpen tongsis dan lebih fokus dengan nafas sendiri. Awalnya medannya masih tanah, trus jadi bebatuan yang cukup licin dan jaraknya jauh jauhan.

rehat di tengah perjalanan, langsung comotin chacha yang katanya bagus buat ngilangin capek selama mendaki

Nah oh iya di sini berasa banget bergunanya rajin olah raga. Ngos2an tetep sih, tapi gak terasa capek ataupun kaku otot, teman saya yang katanya terakhir olahraga dua tahun lalu (ga usah sebut nama ya 😝) hampir tiap stengah jam kakinya keram. Jadi buat yang mau mendaki sempetin deh olahraga dulu beberapa kali sebelum mutusin buat mendaki.

Dua atau tiga jam di medan berbatu akhirnya sampai juga di medan berumput. Kirain udah hampir puncak ternyata masih sejaman lagi bo. Di sini kesabaran di uji banget, rasa pengen cepet2 sampai tapi gak nyampe nyampe, rasa takut karna miring banget dan dan udah gak ada pohon yang tinggi2 jadi nengok kebawah udah langsung lihat luasnya pulau tidore, cantik sih tapi kepleset dikit wassalam deh. Saya ga takut ketinggian tapi saya takut jatuh 😂 kalau salah mijakin kaki atau ga pas megang rumputnya ya Allah gak kebayang deh. Dalam pikiran saya cuma terngiang ih ngapain juga saya naruhin nyawa kaya gini 😭 mau balik ke daratan lagi ke kasur empuk di kosan, dan gak terasa mata udah berkaca kaca 😅😅😅, si fuad yang nyadarin ekspresi muka saya yang udah gak banget akhirnya bantuin sampai atas.

Sampai atass gimana rasanya?

Speechless

Bukan saking indahnya, tapi kaget lihat tempat kemahnya 😂 under expectation banget haha. Kirain bakal bangun tenda di puncak jadi dari dalam tenda mengintip keluar udah langsung lihat langit dan kota aja dari atas gunung. Nyatanya

Di semak-semak pemirsa 😂

Ternata kalau pas di puncak tanahnya gak rata ga enak buat tiduran dan dingin banget, kalau di semak-semak gini angin jadi kehalang dan emang betul malamnya walau tanpa api unggun udah lebih hangat rasanya.

Selesai masang tenda ngejamak shalat dulu di dalam tenda trus kami mulai masak masak, malam ini menunya sarimi soto minim air berhubung air terbatas 😅. Trus yang paling gak bisa saya lupain pas kebelet pipis, mau di tahan ntar pas bobo malah merembes dengan sendirinya, mau di kluarin tapi bingung mau kluarin dimana. Akhirnya di saranin buqt pipis di botol biar ga ninggalin bau semerbak di sana, yah singkat cerita saya berhasil pipis deh 😁✌

Habis makan bobo dikit istirahat trus bangun tengah malem buat liatin bintang di puncak.

Malam itu hening tenang, dan bulannya subhanallah banget indahnya. Tapi karena dingin banget jadinya pengen cepat2 balik ke tenda aja angetin diri 😋

Malam semakin larut, setelah ritual harian perempuan dilaksanakan langsung kembali terlelap.

Malam berganti, rona merah matahari sudah mulai muncul di balik rerumputan, kami pun kembali ke puncak untuk mengabadikan keindahannya.

Setelah puas puasan mengabadikan keindahan tidore dari atas gunung, kami akhirnya kembali ke perkemahan mengisi perut dengan roti isi asin kebanyakan royko haha.

Nahh, perut kemyang hati lega akhirnya kami memutuskan untuk turun kembali berhubung matahari sudah sangat terik.

Kalau pas mendaki kemarin saya masih bisa mandiri walau bahkan di bantu sesekali kalau jalannya terjal, pas nurunin gunung ini ampun deh payah sepayah payahnya. Badan saya ini di desain segitiga kebalik, bagian atas lebih gede ketimbang bagian bawah, makanya lutut saya kadang ngilu kalau beban yang di tanggung udah keberatan apalagi dengan medan yang terjal banget, nekuk dikit langsung lemes apalagi gak ada pegangan, jadilah dari pucuk atas banget sampai kaki gunung saya cuman bisa pegangan di carrier si anak gunung,teman2 yang tadinya cuma pakai sendal jepit dan nyeker malah cuma nempuh 2 jam buat sampai ke bawah, lah saya dan 4 teman yang lain malah hampir 5 jam karna nungguin saya yang cemen banget 😭 dikit2 minta rehat, dikit2 nangis, dikit2 manggil mama, dikit2 bilang "duluan aja deh smuanya ga kuat lagi 😭" tapi keadaan inilah yang banyak banget ngasih pelajaran. Untung teman2 pada nyemangatin terus, pada mau nungguin sampai akhirnya berhasil turun dengan selamat Alhamdulillah. Kata fuad, walaupun sekarang ngeluh capek dan gak pengen naik gunung lagi, pasti nanti datang rasa kangennya, dan memang benar, malam ini baru aja lewat 4 hari, baru aja dengkul sembuh dan jalan udah normal rasanya pengen lagi walau sejam sebelum nyampai puncak dan sejam sebelum nyampai daratan lagi emosi bener2 diuji tetep aja pengen lagi. Yah, kalau di kasih umur panjang di kasih kesempatan lagi Insya Allah mau naik lagi tapi di gunung yang berbeda pastinya 😋

Kamu kamu yang belum pernah naik gunung, yuk cobain aja, ini bukan karna ikut2an yang lg ngetren kok, anggep aja alternatif destinasi liburan. Yang special juga karna pemandangan yang kita lihat di atas sana cuma bisa kita lihat langsung ya dengan bersusah payah mendaki dulu, worth it lah pokoknya.

Satu lagi, di atas gunung, berasa banget kita sangat kerdil dan bukan apa2 di banding semesta apalagi sang pemiliknya.

Segitu aja sekelumit cerita dari anak gunung gadungan, semoga suatu saat bisa ke atas bersama ayang ehehhee

Trima kasih banyak buat kak adi dan kak adit yang udah mau ngajakin walau ujung2nya di repotin, makasih fuad udah banyak bantuin dan minjamin tendanya, makasih abang yang sempat bantuin bawain carrier, makasih abang yang ambilin kelapa muda, malasih aii udah minjemin carrier dan sleeping bag, makasih ayang dan mama udah izinin pergi dan makasih Ya Allah atas kesempatan yang diberikan.