Jumat, 13 Agustus 2010

# kampus # sharing

TeS Masuk STTPLN Program Ikatan Dinas D3 Elektro NonReguler

Hi sobat.. biggrin
Hmm.. lama tak jumpa...
Kangen banget mau nge-posting lagi, soalnya kemarin-kemarin saya lagi sibuk ikut tes masuknya STTPLN Program Ikatan Dinas D3 Elektro NonReguler. Dan alhamdulillah saya bisa LULUS :'

Nah, sekarang saya mau berbagi pengalaman nih selama saya mengikuti setiap tahap penyisihannya (ceh ileh... tahap penyisihan, lu kate gue ikutan audisi apa??? hahah )

Nah, saya kan SMAnya di Makassar, tepatnya di SMK Telkom Sandhy Putra 2 Makassar. Ada mahasiswa dari STTPLN yang kebetulan alumni dari sekolah saya yang memperkenalkan STTPLN ini. Wah, dengar kata IKATAN DINAS siapa yang gak tergiur coba. Kalau lulus kan lumayan, kita gak perlu repot-repot nyari kerja sana sini, pikir saya waktu itu.

Nah, akhirnya sayadaftar deh bareng teman-teman.
Awalnya kita harus mengikuti tes akademik untuk jalur reguler, ini adalah tes sebagai batu loncatan kita dan sebagai tempat aman kita.
(gue ngomong apa sih??? ah lanjuuttt!!!)


Saya bilang sebagai batu loncatan, karena kita harus melewati tes ini untuk bisa goes to JAKARTA mengikuti tes selanjutnya (ada 3 tes lagi, psikotes, kesehatan, dan wawancara). Nah, kelulusan kitalah di tes akademik ini yang menentukan apakah kita bisa lanjut ke tes berikutnya atau harus tersisih.

Teruss, saya bilang sebagai tempat aman, karena kalau kalian lulus di tes akademik ini, tetapi sayang sekali kalian tidak lulus di tes berikutnya (entah di psikotes, kesehatan, ataupun wawancara) kalian masih bisa menjadi mahasiswa di STTPLN dengan status reguler alias bukan ikatan dinas.

Tapi, gak perlu patah semangat program reguler ini walaupun bukan ikatan dinas tapi prospeknya gak kalah keren loh.
Misalkan perusahaan PLN mau rekrut pegawai baru, nah yang di tes pertama itu yah alumni dari STTPLN itu sendiri. Makanya kamu maish dapat kesempatan untuk mengikuti tesnya lebih awal dari yang umum.

OK, segitulah tentang reguler dan nonregulernya.

Sekarang saya mau lanjutin crita perjuanganku (eleh)

Awalnya sih, saya dapat info tentang program ikatan dinas STTPLN ini dari pegawai telkom tempat aku PSG. Akhirnya saya cari tau sendiri deh, cari di internet, tanya teman2, sampai guru2.
Terus, saya dapatlah segerombolan teman yang niatnya sama . Sama2 pengen cari tau tentang STTPN nonreguler ini.

Akhirnya kita sepakat untuk pergi ke kantor PLNnya langsung.
Ehm,,, berhubung setiap senin sampe sabtu kita sekolah ampe sore, dan hari minggu PLN pun tutup, maka tidak ada jalan lain, kami membolos dari sekolah.
heheh,, maap bu..
piss mrgreen

Awalnya sih saya dan teman2 minta izin baik2 ma guru piket di sekolah, tapi sayang gak dapat ijin, akhirnya kita nekat deh, buat bolos dari sekolah.
(AMpunn yah pak/bu guru)

Sampai di sanapun kami tak memperoleh informasi sama sekali. Sungguh, perjuangan kami sia2.

Selang waktu berlalu, dan saya sudah gak kepikiran lagi ma yang namanya STTPLN, datanglah mahasiswa dari STTPLN non reguler ini ke sekolah. Mereka mempromosikan sekolahnya dan bla bla bla sampai serinci-rincinya.

Nah, ikutlah saya pada tes pertama STTPLN ini.
Dimulai dari tes akademik.
Isinya, kumpulan pertanyaan Bahasa Inggris, matematika, dan fisika.
Waktunya 3 jam. Sumpah, 3 jam itu kepala melilit terus ampe gak berasa waktu berputar.

Wokeyyy.. beberapa hari berlalu pengumuman pun muncul di internet.
Dan sayang seribu sayang. Tidak ada satupun nama siswa dari SMK Telkom yang tertera di website itu. Impian pun sirnah, harapanpun runtuh di depan mata :(

Keesokan harinya, temen saya sms-in kayak gini 'dhil, kamu lulus STTPN'
loh? kok bs? d website kan gada?

hah, ternyata yang di website itu cuman daftar nama peserta yang lulus wilayah jakarta dan sekitarnya :D
dan ternyata banyak dari sekolah kami yang LULUS pada tahap ini. Alhamdulillah :D

Next destination...
Goes to jakarta...

Tidak semua siswa dari SMK Telkom yang melanjutkan misi mereka untuk pergi ke jakarta mengikuti tes berikutnya yaitu wawancara.
Total kami berangkat ke jakarta kurang lebih 20 orang.

Nah, disini saya beserta teman2 giat2nya mencari buku psikotes, latihan soal2nya, dan bertanya kepada alumni yang telah lulus tahun lalu.

Hari H itupun datang. Jam 5.30 pagi dah berangkat dari rumah (yah, berhubung saya tinggal di tangerang jadi yah harus buru2 berangkatnya, takut kejebak macet cynn :D)
Tesnya berlangsung 5 jam dengan waktu istirahat 15 menit kalau gak salah ingat.
Waw, gak kebayang tuh 5 jam ngerjain soal psikotes. ckckck, ampun dah.

Setelah tes, kami pun cuman bisa berdo'a dan berharap semoga kami lulus. Hari pengumumanpun dinanti-nanti denga jantung sesak.
H-1, ada kabar tak sedap di dengar, dan bikin hati ini teriris-iris (macam bawang aja diiris-iris). Ada yang bilang kalau tidak ada satupun dari kami siswa SMK Telkom yang LULUS. Beuh, Sumpah,,, nih mata langsung kebanjiran ampe bengkak setengah mati.

Tapi, tidak lama setelah peristiwa naas itu, kakak kelas saya sekaligus mahasiswa dari STTPLN nonreg ini menghubungi kami. Katanya ada kok yang lulus, jumlahnya 5 orang dari sekolah saya (dan alhamdulillah saya juga ada di dalamnya).
Dari 300 lebih peserta akhirnya tersaring sampai 100lebih peserta.

And,,,
kami pun bersiap mengikuti tes selanjutnya, yaitu tes kesehatan.
Wah,, ininih tes dengan harga mati. Yah, maksudnya, kita gak bisa nawar-nawar lagi hasil tesnya, kita udah pasrahlah ma tubuh kita. Moga aja gak ada penyakit yang gawat-gawat.
Kemudian saya pun minta tips2 dari teman2, kakak, dan keluarga besar :D
Mulai dari minum harus 8 gelas perhari (nah, tips ininih, yang bikin saya pipis ampe 5 menit sekali. kebayang gak sih??!!), terus, harus rajin minum air kelapa, minum susu beruang, banyak makan sayuran, buah-buahan, makanan berserat, dan sebagainya sampai-sampai ni perut udah gak bisa berkompromi dengan kapasitasnya.
Tapi,,, alhamdulillah perjuangan kami tidak sia2. Dari 5 siswa smk Telkom, kami ber3 alhamdulillah lulus pada tahap ini.

Dannn dannn dann...
Kita pun besiap siap menuju tes selanjutnya.
Yaitu tes wawancara.
Disini, kami kesulitan 2 masalah,,,
pertama, secara kami dari makassar yang logatnya jauh menyimpang dari logat jakarta.
kedua, tingkat kepedean masih minim..

Nah, kita carilah info2 dari internet dan dari teman2 yang lain.
Mulai dari cara berpakaian, cara menjawab pertanyaan, cara bersikap, sampai cara kita menatap pewawancara harus di perhatikan.
Nah hari H nya pun tiba.
Dandanlah kita sebaik mungkin. yah, supaya enak dikitlah di pandangnya.
Sampai di tempat tes pun, kami masih gemeteran minta ampun.

Tibalah nama saya yang di panggil,,,
Masuk ruangan, sampil ketuk pintu, kemudian duduk ketika sudah di persilahkan.
Awalnya sih gugup, tapi karena pewawancaranya ramah, akhirnya ajang wawancaranya berubah menjadi ajang curhat-curhatan. heheheh

Nah, setelah selesai tes, kami pun berencana pulang ke makassar. Kami menunggu pengumuman di sana, dan akhirnya di hadapan keluarga pengumuman saya bacakan dengan keras dan di dalamnya tertera nama kami bertiga.
Alhamdulillah, puji syukur padaMu ya Allah :D
thx berattttt....

Ok. Capek banget nih cuap cuap gak jelas...
Yah, cuman mau share kesenangan pribadi aja. Maaf aja deh kalau gak terlalu berkesan.
CU
biggrin

68 komentar:

  1. wah seneng ya bisa masuk sana...
    aku anak smk telkom sandhy putra malang,
    mau tanya2..
    di stt pln jurusan yang ikatan dinas apa cuma jurusan elektro aja?

    BalasHapus
  2. Hi.. thx 4 coming :D
    Ku alumni smk telkom sandhy putra makasaar :)

    hm. kalau untuk program ikatan dinas, saat ini hanya untuk D3 Elektro saja.

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. hi, gua fauzan. anak SMA baru lulus kemarin. sebelumnya gua mau tanya. kalau saya dari jurusan IPS bisa ga ikut ujian masuk STT PLN?
    ditunggu ya..

    BalasHapus
  5. aku dengar katanya kalau lulus smk telkom sandy putra bisa langsung dpt kerja dipersh telekomunikasi, betul gk?
    trims...

    BalasHapus
  6. @Anonim beberapa temen udah ada yg kerja di PT.TELKOM tapi melalui tahap, ga langsung dapet. Harus melamar dulu, interview, dan itupun blum sbagai pegawai tetapnya. Kalo ga salah sih sperti itu.

    BalasHapus
  7. mau nax nih. z dh luls slksi 1.
    soal psikotesx kyk gmn?
    tes kshatanx ap" sj yg jd penilaian?
    n ap" sj yg dtxkn saat wwancara? thank's...

    BalasHapus
  8. @ROSDIANTY RUSTAM

    HEBAT :D
    tes dimana dek?
    hmm,, kalo psikotesnya sih rajin2 aja jawab buku2 psikotes, kan banyak tuh di pasaran.
    Kalo ga salah, tesnya berlangsung 5 jam,
    soalnya macem2,
    ada yang di kasih 2 option, harus milih salah satu yang menurut kamu itu kesukaan kamu, walopun ga suka ke duanya, tetp harus milih salah satunya, nah, misalkan,
    *kamu lebih sika bekerja sendiri
    *kamu lebih suka bekerja dengan tim
    mislkan kamu milih yang pertama, yaitu bekerja sendiri, kamu harus konsist ma jawaban kamu itu, soalnya, nanti ada soal yang sama lagi bakal keluar, itu buat ngecoh n buat ngebuktiin jawaban kamu ngasal pa gak. (haduh, ribet juga ngejelasinnya, kalo ga ngerti bilng aja yah)

    trus ada lagi, di suruh nyari persamaan kata / lawan katanya, lupa juga sih, tapi yang ini gampang kok, tenang aja

    teruss,, ada soal gambar, d suruh nyari yang kembar yang mana, ada juga benda 3 dimensi yang di buat jadi 2 dimensi, nanti jadinya kaya gimana, terus, ada juga gambar yang belum selesai di suruh selesein sesuai kreatifitas kamu, mending beli buku psiko deh, biar arti gambar kamu tuh bagus, trus, di suruh gambar pohon ma orang, ini liat di buku aja lagi, misalkan mata ga boleh sipit, soalnya kalo gambar sipit artinya wawasan kamu sempit, dst.

    hmm,, apalagi yah,itung2an masuk, itung2an biasa sih, tapi waktunya cepeetttt gilaaa.

    dan yang terakhir, nilainya 50%, (maybe, isunya kaya gitu) ada selembar kertas yang besarnya kaya kertas koran, besaaaarr banget, penuh ma angka, nah, kita di suruh ngitung, latihan tiap hari biar ngitungnya lancar, terus harus konstan, jangan awalnya doang yang cepet, sampai akhir harus cepet, soalnya itu yang nentuin.

    Ga tau lagi nih apaan. soalnya ga bisa d bawa pulang sih. pkoknya latihan2 aja dulu ma buku psiko. emang tesnya kapan? dimana?

    BalasHapus
  9. 0h...
    kyk tes wartegg gitu? n ad jg tes koranx yah?

    tes akademikx sdh.
    truz tnggal nunggu info dr MPC kpn n dmn tes psikotes,kshtn, n wawancarax.
    tp dngr" sich d jkrta.

    kk, mau nax lg:
    1.kl u/ tes kshtnx tuh kyk gmn?
    2. kl u/ tes wawancara, kk dtanya-tanya ap sj?

    kk, mkzhbxk yach info"x.

    BalasHapus
  10. ROSDIANTY RUSTAM17 Mei 2011 pukul 22.33

    btw, bisa mnt tolomg.
    kl bleh, tlong ditxkn ke panitia pmb nya. kpan tes psikotes di jkrt yg lulus tes akademik.

    mkzh.

    BalasHapus
  11. mba, mau nanya. tes akademik program reguler matematika, fisika, bhs inggris jenisnya uraian atau pilihan ganda?
    boleh minta materi/kisi-kisinya ngga?

    BalasHapus
  12. @ ROSDIANTY RUSTAM : OK, bentar yah lagi libur soalnya, emang gada di websitenya ya?

    @ sandy: pilihan ganda trus ada juga essaynya 2 nomer, itu yang tahun lalu, gatau kalo yang skrng, bukannya udah ya tesnya?

    BalasHapus
  13. ohh, mungkin tahun ini sama.
    kalo gelombang yg pertama emang udah, tapi masih ada gelombang 2 sampe 4 kalo ngga salah.
    thanx infonya mba.

    BalasHapus
  14. @ sandhy:
    masama, di tunggu ya :)

    BalasHapus
  15. kak, kalau tes wawancara apa aja yang ditanya?
    thanks before
    :)

    BalasHapus
  16. k' dhila yg canti mau tanya dunk kira'' pertanyaan wawancara apa'' ajha ea'..?

    makaciii :)

    BalasHapus
  17. keliatannya pertanyaanku biasa banget kak..,
    itu pendaftarannya kapan buat jalur nonreg?

    BalasHapus
  18. ass. kak contoh soal tes masuknya bisa di share gak? aku anak mks pengen coba di sttpln juga. tngs before

    BalasHapus
  19. bedanya jalur non-reg ama reg apaan kak? mohon penjelasannya ya kak :)

    BalasHapus
  20. Kak, bayangan soal matematika fisika dan bahasa inggrisy ky mn kk ? kk ada soalnya gak ? kl ada boleh share gak :)

    BalasHapus
  21. Kak sy sdah d terima d D3 T.elektro nonreguler dan bbrapa hari lg akn brangkat ke Jakarta. bleh minta nmr kontak nya gak? bnyak yg mau d tanyain soalnya :) atau kk bsa hbungin sy d :
    fb : Ulie Usman
    twitter : @UlieUsman
    pin bb : 32254696

    mhon bntuannya ya kak

    BalasHapus
  22. Kak aku udah masuk d3 elektro yang kelas kerjasama tapi nanti beberapa hari lagi mau lanjutin ke tes psikotest, bayangan soalnya nanti gimana kk ?

    BalasHapus
  23. mba klu elektro it kuliahnya ngapain aja yaa ? :)

    BalasHapus
  24. kk, alhamdulillah aku udah lulus tes akademik, nah hari mnggu kmrin udh tes psiko, lagi nggu pngumumanny. kl lulus psikotes trs lanjut ke tes kesehatan y kk? banyak ga yg gugur :(?

    BalasHapus
  25. billy: waduhh maaf yah dek baru liat komennya :(
    alhamdulillah kalo udah sampe situ :D
    iya, kalau angkatan aku kyak gitu, lulus tes psiko langsung tes ksehatan... yang gugur dari 300 jadi 100....
    jangan henti2 buat doa yahhh :)

    mutmutmuti: umm... bedanya ya itu say, klo nonreguler itu statusnya udah pegawai PLN yang di kuliahkan, jadi lepas dari kampus langsung kerja deh :)

    anonim: (lain kali pasang nama yah say biar kenal :D) kuliahnya kalo semester pertama hampir sama kyak pas SMA, semakin naik semester smakin fokus ke jurusannya.. kya jaringan distribusi, pembangkit, dll

    BalasHapus
  26. hey aku reisha nih anak smk telkom sandhy putra purwokerto. bisa kasih sedikit gambaran soal tes akademiknya kayak apa? mungkin bsa di download dimana gitu. thanks yaa :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf ya dek, aku udah lupa soalnya T^T
      setau aku ga ada di internet, hardnya aja langsung di musnahkan sehabis tes.. maaf ya :(

      Hapus
  27. hai, mau nanya nih.. itu STTPLN yang ikatan dinas pendaftarannya masih buka gak yah?

    terus, itu bisa buat anak SMA jurusan IPS gak ya? langsung kerja beneran di PLN??
    makasih dan maaf ya banyak nanya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo masalah pendaftaran bisa lihat langsung aja ya di sttpln.ac.id :)

      Bisa untuk semua jurusan kok, mau tata boga sekalian juga bisa masuk, asal lolos seleksi aja
      Kalo lulus di kelas kerja sama I.Allah langsung keterima. Angkatan pertama yang kelas kerja sama udah bekerja di PLN :D angkatan ke2 dan ke3 masih di kampus, belum lulus :p

      Hapus
  28. aku mau nanyak.maksudnya D3 kelas kerjasama/non reguler apa?
    itu tidak ikatan dinas ya?
    mohon dijawab ya.trimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. non reguler itu adalah kelas ikatan dinas yang di buat oleh PLN, sekarang non reguler berganti nama menjadi kelas kerja sama. Jadi intinya sama saja, sama2 ikatan dinas :)

      Hapus
  29. ka , kalo jalur reguler peluang kerjanya gimana ?
    terus kalo mau ndaftar yang nonreguler gimana ka caranya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Umm.. kalo menurut aku sih 70% dek, asal bisa pertahanin IPK tinggi aja kamu pasti di lirik sama PT.PLNnya langsung atau perusahaan lain.
      Coba deh liat2 info di sttpln.ac.id

      Hapus
  30. kk, boleh mita kisi2 soalnya
    mis: MM,Fis,B.ing topiknya apa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. huhhuuu T^T aku udah lupa dek. Itu dua tahun yang lalu, Maaf yah :(

      Hapus
  31. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  32. aslkm kak....
    mau nanya, kalau teknik elektro s1 pln punya ikatan dinas gak kak?
    soalnya saya udah lulus teknik elektro s1 pln, tapi baru tau kalau d3 yang non reguler...
    jadi pendaftaran utk d3 non reguler 2012 wilayah padang udah tutup atau blum? dan peluang kerja s1 pln besar gak kak?
    makasih, wassalam...

    BalasHapus
    Balasan
    1. wasslam
      Kalau pas angkatanku sih yang ikatan dinas cuman D3 aja,
      tapi sekrang kan rektornya ganti, sistem juga nyaris 90% ganti, dan aku denger2 sih bakal ada ikatan dinas untuk s1, cuman tesnya di smester 4. Jadi, kalian di kuliahin biasa dulu, trus di tengah jalan di tes deh psikotes, wawancara dan kesehatannya..
      tapi belum jalan, mungkin angkatan yang baru nanti bakal di terapin, tapi kurang tau juga, masih isu2 gitu sih

      coba deh mampir2 ke sttpln.ac.id, infonya lengkap kok di situ :)

      Hapus
    2. okelah kalau begitu, makasih infonya kak :)

      Hapus
  33. Kk dilaa :D aku udah lulus tes kesehatan yang pertama :) , dah lanjut ke tes kesehatan ke-2 , lagi nunggu panggilan apakah boleh ikut wawancara . Hehe doain ya kk yg terbaik .
    Naah terus kalo diwawancara yg ditanaya ntar apa aja kk ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. wihhh congrat ya billy :D
      teskes yg ke2 gimana? aman?
      Smoga lancar yah :)

      kalo aku kemanarin sih, di tanya2 masalah organisasi di sekolah,
      pernah ikut apa, jabatannya apa, trus d suurh pecahin masalah gitu deh.
      Habis itu crita2 tentang keluaga, hobi, yaa pertanyaan2 sederhana aja kok.
      Di tanya juga soal PLN, knp mau masuk PLN, jawab sebaik2nya aja, tau PLN dari mana, etc

      Santai aja kok, yang penting jaga sikap aja,
      masuk ruangan ketuk pintu dulu, jangan duduk sebelum di persilahkan, jabat tangan harus tegas, kalo di tanya2 sama pewawancaranya harus liatin mata penanyanya, jangan nunduk..
      pokoknya gitu lah, hehhe

      Hapus
    2. ooooooh Iya kk :)) mksh ya kk . Nih aku bawa kabar baik lagi .
      Aku udah lulus tes kesehatan ke2 , tgl 10 agustus di panggil untuk tes wawancara :).
      Hehe mksh ya kk atas cerita pengalamannya itu :), sangat bermanfaaat .
      Tunggu ak di STT PLN kk, hhaha =)) aamiin Ya Allah

      Hapus
    3. heyy,, udah masuk dong yah???
      mana? gak pernah nyamperin geh, hahaaa

      Hapus
    4. kak mw nanyak nih.
      aku mw nanyak nih akukan mw daftar d3 tekni elektro,
      tapi waktu mw daftar online gk ada muncul d3 teknik elektro no reguler nih kek mana ya kak aku jdi bigung
      tolong dibalas ya kak secepatnya :D

      Hapus
    5. setau aku belum ada pengumumannya dek...
      da skrng sistemnya udah beda, kamu harus daftar jadi anak reguler dulu, sampai beberapa semester, nnti yang IPKnya di atas 2,75 boleh ikut tes tes selanjutnya..
      jadi, kuliah dlu, baru tes gak kya kmarin, tes dulu baru kuliah

      Hapus
  34. Asslamualaikum kak.. salam kenal
    aku calon mahasiswa s1 sttpln. alhmdulillah udah diterima tes kmaren :D
    tapi sayang tes ikatan kerja s1 nya masih semster 5 melalui kelas kerja sama :(
    jadi aku masih was2 nihh.. misalkan aku gak lulus kelas itu aku harus di kelas reguler.
    klo di kelas reguler s1 peluang masuk plnny masih besar gak ya kak? aku pingin bgt kerja di pln..

    BalasHapus
    Balasan
    1. haduh, maaf loh dek baru baca .__.
      semuanya berpeluang kok asal beneran serius kuliahnya :)

      Hapus
  35. Assalamualaikum kak dhila . :)
    kak , saya mau ikut tes akademik STT-PLN di jakarta .
    boleh ga saya minta nomor kontak kakak ?
    Ada yg mau ditanyain :) atau kakak bisa menghubungi saya di twitter @Rahardiaindri .
    Mohon bantuannya ka , makasih sebelumnya :)

    BalasHapus
  36. mbak mau tanya kan ini aku mau ikut stt pln, naah biar yang ikatan dinas tuh gimana ?? aku buka kok adanya program reguler ? mohon balasannya yaa :)

    BalasHapus
  37. mbak mau nanya,.

    aku udah lolos yang tes akademik yang gelombang pertama,. tapi kok g ada pemberitahuan buat tes yang selanjutnya ya? cuman suruh daftar ulang,.
    apa emg sekarang cuman 1 kali tesnya?
    makasih :)

    BalasHapus
  38. Kak, boleh tanya
    Ini aku mau tes akademik di jogja, kira2 soalnya materi SMA atau materi umum? Trus soal b.inggrisnya kayak grammar2 gitu atau gimana? Share dong kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk materi, Materi Umum.. danuntuk bahasa inggrisnya iya yangada dipembelajaran SMA.

      Hapus
  39. Hey kak, boleh nanya gak? aku juga siswa smk telkom sandhyputra 2 makassar nih dan kebetulan hari minggu nanti mau tes pln, soalnya itu berbentuk sbm ya kak? tingkat kesulitannya gitu gmna? makasih kak hehe

    BalasHapus
  40. Adakah teman2 yang masuk di gelombang 2 ?

    BalasHapus
  41. kak wilda dah lulus stt pln gelombang 2 jurusan teknik informatika s1,bagaimana peluang kerja kedepannya di stt pln dengan jurusan tersebut?untuk gabung dengan pln nya bagaimana juga kak?mohon infonya ortu saya nanyak terus:(

    BalasHapus
    Balasan
    1. ceritanya menginspirasi kak
      kak mau tanya tentang sistem pengerjaanya ada sistem minus kayak sbm atau ngga?
      terimakasih sebelumnya

      Hapus
  42. ceritanya menginspirasi kak
    kak mau tanya tentang sistem pengerjaanya ada sistem minus kayak sbm atau ngga?
    terimakasih sebelumnya

    BalasHapus
  43. ceritanya menginspirasi kak
    kak mau tanya tentang sistem pengerjaanya ada sistem minus kayak sbm atau ngga?
    terimakasih sebelumnya

    BalasHapus
  44. Kalo boleh tau, tes wawancara tuh, pertanyaannya seputar apa aja kak ?
    Contoh pertanyaanya juga kalo masih ingat. hehe

    BalasHapus
  45. ka punya contoh soal test akademiknya nggk hehe

    BalasHapus
  46. ka .. ini beneran kalo d3 lulus bisa langsung kerja di pln?

    BalasHapus
  47. tes akadmik nya susah gk ka?dari kemaren2 udh takut klo tes nya susah nanti gk lulus ;-;

    BalasHapus
  48. ka punya contoh soal test akademiknya nggk hehe(2)

    BalasHapus
  49. Kak? aku masih bingung antara pilih teknik elektro (S1) atau teknik elektro (D3). Mohon penjelasan dan sarannya kak

    BalasHapus