Selasa, 02 Juli 2013

PLN APP Duri kosambi - magang yang menyenangkan

"maaf yah, maaf yah"
"loh? kenapa mas?"
"engga,, takutnya slama ini ada hal yang tidak mengenakkan di hati, soalnya besok mau diklat, dan takutnya udah gak ketemu lagi sampai hari sabtu"

*percakapan singkat di akhir jam kerja...
kami bersedia pulang dengan tampang yang lagi cengar-cengir habis nonton film comedy korea....

Tapi habis denger kata mas itu :(
Aku gak tau kenapa jadi sedih banget :( kya gak bakal ketemu lagi aja nanti...
Tapi beneran sedih,, ninggalin kantor bercucuran air mata sampai tiba di kosan,, apalagi skrng, ngetik sambil mewek...

Iyaaa,,, kami udah sayang banget sama orang-orang di kantor,,,
mereka baik bangettt,,, bener-bener baikkk,,, padahal kami kerjaannya cuman bikin rusuh, ngabisin makanan, tidur di jam kerja, nonton korea, dan hal hal yang merugikan perusahaan lainnya...

sedikit crita tentang orang-orang di sana...

Pertama kali menapakkan kaki di kantor, kami di sambut hangat dengan seorang bapak bernama pak heri...
Awalnya canggung, tapi bapak itu ternyata orangnya sangat hangat, beliau langsung sharing tentang pengalamannya selama bekerja di PLN dan bersekolah di STTPLN.
Karena orang yang pertama kali kami temui sangat ramah dan baik banget, kami langsung bersemangat buat mulai magang yang awalnya yahh lumayan takut.. Takut kalau di sinisin sama para pegawainya, apalagi kalau gak bisa jawab pertanyaan mereka.
Pak heri rajin sharing ilmu kepada kami, gak cuman ilmu kelistrikan aja, tapi juga ilmu kehidupan. Aku senang pas beliau bilang "saya harap, kalian ini bisa menjadi change agennya PLN" wahh,, amin pakkk... Aminnn...

Lalu kami bertemu mas falakh. Seseorang dengan bulu mata yang lentik, ngalahin punya aku, hehehe *ini serius*.Penilaian aku di awal, mas falakh ini orangnya umm gak suka bercanda, disiplin, dan kayaknya males olah raga deh soalnya perutnya buncit, muehehheee....
Pas kenal lebih jauh,, ternyata orangnya gokil, sering melakukan aksi-aksi yang mem-bhahhahkk-kan hehe... Kalau ikut kerjaan bareng mas falakh, mulut kami selalu  di penuhi dengan cemilan, sejak terbit matahari hingga terbenam, amazing kan..
Iya, itu cara dia agar kami bisa diam., Katanya kami itu nyerocos terus, dan cuman bisa diam dalam dua kondisi, yaitu pas shalat dan pas lagi makan,, umm gak gitu juga sih mas =,="
Di minggu awal kami magang, kami mergokin dia lagi makan bareng sekertaris manager.. Wahh,, ternyata mereka punya hubungan... Namanya mba ani, berparas ayu, lembut, dan tutur katanya yang sangat halus,, kira-kira beda 179 derajat sama aku.
Awal ketemu mba ani ini, yang ada di piiran aku cuman satu "akkk,, kapan ya muka gue kaya dia T^T" okey skip.

Selain mba ani, ada juga pegawai cewek lain, yaitu mba nur, mba diaz, dan dua mba lagi aku gak tau namanya. Tapi di antara mereka cuman satu yang gak pernah negur kami .__. Pernah berpapasan di jalan, pengen di senyumin tapi dianya gak nengok ke kami, malah jalan terus aja, padahal jaraknya deket banget .__.
Yaudah, mungkin emang mbanya kurang suka sama kami yang pecicilan ini...

Lalu ada mas ujik... Dari awal sampai akhir, mas ini gak pernah gak baik sama kami. Habis dari manapun pasti bawa oleh-oleh. Mau kemana aja, pasti kami di ikutsertakan. Ah, pokoknya baik banget deh, kalau istilah jaman esde, dia itu "gak makan sabun" alias orangnya bener-bener baek.Terlalu sering bayarin makan kami, awalnya sih enak, tapi ke sini-sini jadinya kami gak enak .___."
Semoga Allah membalas kebaikan mu mas, aminnn

Kemudian ada mas pras. Kalau gak salah, mas pras ini orang pertama yang negor kami di hari pertama ngantor. Alhamdulillah ada satu lagi yang ramah, kata aku dalam hati.
Ke sini-kesini kok orangnya selalu bikin sakit hati =,="
Dia selalu berhasil mengolah kalimat nyelekit menjadi bahasa yang indah tapi tertangkap oleh otak jadi nyelekit kuadrat... Ngertikan maksud aku,,, kritikan halusss...
Tapi, gara-gara orang ini, mental aku jadi sedikit kebal. Iyah, aku udah keseringan denger kalimat nyelekit dari dia, jadinya kalau ada temen yang komentar buruk tentang aku udah gak ngaruh lagi. Dan lama-lama aku belajar banyak dari cara dia merangkai kalimat. Hebat! Aku pengen bisa kaya gitu, tapi bukan untuk di pakai ke semua orang, soalnya tipe-tipe orang kan beda-beda, kali aja orang itu pendendam dan sekawannya, hih...
Selama beberapa pekan, kami sering kesel sama mas ini karena perkataannya. Tapi, kenal lebih jauh lagi, sifat dia yang lain tersirat sedikit-demi-sedikit. Dia ternyata orangnya baik. Maksud aku diem-diem baik. Baiknya gak di nampakin, tapi di umpetin di balik kata-kata bombastisnya itu. Salut mas!
Eh tapi, aku pernah kesel banget sama orang ini. Dia pernah nyuruh aku bikin brosur, dan harus jadi malem itu juga. Karena udah di amanahkan, malamnya aku langsung ngerjain. Bikin layout, atur tata letak tulisan dan gambar. Aku ngerjainnya berjam-jam, sampai nyuekin temen aku yang malem itu minta nginep di kosan karena mau konsul ke kampus besoknya...
Pas layoutnya udah selese, aku tinggal masukin gambar dan kata-kata yang pas ke dalam brosur. trus karena bingung aku nanya ke mas prasnya via wassap.
Ehh,, pas dia bales, jawabannya cuman apa? "ga jadi"
Udah gitu doang,, aku bales "oh, ok mas"
Saking jengkelnya, aku langsung nutup laptop tanpa di shutdown lagi dan ngeset alarm trus tidur,, lagi-lagi tanpa peduliin temen aku, duhh maaf ya hehe lagi kalut.

Selain itu ada mas arif, mas arif ini usah punya istri. Awalnya, di kala yang lain sibuk berdebat yang sebenernya gak jelas, mas ini diem-diem aja.. Tapi lama kelamaan alaynya juga kumat, haha.. Pernah suatu pagi, dia ngirim dua kata yang amazing ke group wassap. Kata-kata itu ialah "semungudh pagehh"
Hah,,, itu di bajak yah?, pikirku kemudian. Dan ternyata sama skali gak di bajak, itu dari hati yang terdalam. Ternyata,,, hahaa. Sepenilaian aku, mas arif ini orangnya gak enakan, sama kaya mas ujik. Kami sering nangkring di mejanya dia, dan dia lebih milih untuk berdiri ketimbang nyuruh kami berpindah tempat. Gila kan yah.
Dan oh iya,,, kami langganan minjem motornya mas arif, hehe gak tau diri banget yakk. Malah, saking seringnya minjem, pas mas arif mau rapat di luar kantor dia bilang gini "ini kunci motor aku taro sini ya,, kalau mau di pakai tinggal ambil aja"
Gila, padahal kami belom minjem, udah paham aja masnya hhahaha....

Lanjut ke mas fefri... Baru awal kenal, mas ini udah ngajakin kami turut merasakan masakan istrinya. Jadi, kami ada kerjaan di luar kantor, daerahnya deket dengan rumah mas fefri,, ehh kami di ajakin makan di rumahnya.. Makan ayam goreng dan cumi :9 uwenakkee polll,, yaiyalah gratis ini. hehe
Punya anak yang imutnya gak nyantai. Ngegemesin, anaknya pah heri juga gak kalah ngegemesinnya. Mas fefri juga sering sharing ilmu sama kami dan terkadang ngajarin soal agama juga. Dan aku terima kasih banget sama mas fefri yang udah nyariin data-data penunjang proyek akhir aku. Buanyak banget, proyek akhir jadi ketolong berkat mas ini. Huwaaa tengkyu ya mas....

Ada lagi nih, namanya pak damin. Kami udah di anggep anaknya banget. Sering nraktir kami di rumah makan yang terbilang gak murah, apalagi kami berlima. Kalau di bayarin smuanya cukup jebolin dompet. Kami tuh gak enak, soalnya bapak itu sering traktir kami makan atau beliin kami cemilan. Malah, kalau mau nraktir kami, dia ngomong kaya gini "kapan nih ada waktu kosongnya kita makan-makan?"
Lahh,, si bapak, dia yang mau traktir kenapa jadi kami yang di tungguin, seakan-akan kami sibuk banget, padahal cuman sok sibuk... Makasih ya pak atas kebaikannya selama ini, aku senang kalau crita sama bapak, udah kaya crita sama ayah sendiri, apalagi kalau bapak ini crita tentang anak ceweknya... The best lah..

Lanjut keee,,, mas shandy. Dia blom resmi jadi pegawai sih, statusnya masih anak OJT (on job training) tinggal nunggu SK jadi dehhh pegawai PLN...
Walaupun masih OJT, ilmunya udah waw banget. Tapi dia keseringan ngibul =,=" jadi gak tau kapan di lagi ngomong serius dan kapan dia berbohong. Karena lebih sering ngibulnya, jadi setiap kata yang keluar dari mulut dia aku anggep itu kibulan belaka, hahaa... Mas ini juga ngelatih mental aku banget, sama kaya mas pras, kata-katanya juga kadang bikin makjleb, walaupun masih jleban mas pras...
Tapi, ke sini-sini orangnya asik di ajakin bercanda. Yang aku salutin tuuh, dia rajin banget puasa, hampir seiap hari, gak tau juga tujuannya apa. Apa karena soal agama, kesehatan, atau emang mau ngirit, xoxo.. Entahlah, apapun niatnya aku tetep salut, dimana ketika kami menyantap makanan nikmat-nikmat, dia cuman bisa nelen ludah. Dan itu gak bikin dia kapok, esok dan esok harinya dia tetep kekeh sama puasanya. Dan kalau lagi kerja bener-bener kerja, gak kaya kami yang banyakan mainnya.
Tapi,,, orangnya asli, jorok banget =,="
wearpack yang tiap hari dia pakai buat kerjaan tuh gak pernah di cuci.. Tapi untuk menjaga "kesegaran"nya, dia semprot pakai pengharum ruangan =,=" amazing yah, mungkin dia sedang menggalakkan aksi ngirit detergen deh, pffff...
Orang ini paling suka usil, yang ngeselin kalau dia tempelin wearpacknya itu ke idung aku, atau biasa juga kaos kakinya, dan pernah skali sempak dia =,=" empreeettt walaupun habis di cuci tetep aja -,- dan paling doyan ngupil dan peperin ke baju aku, errr... UDah,,, kalau di terusin entar semua aibnya kebongkar lagi hahhakkakka... Segitu aja udah iyuhh haha...
Tapi tenang,, mas itu tetep keren kok, paling keren pas naik motor gede rambut terkibas oleh angin, sambil senyum malu-malu pas ketemu kami di jalan. Kirain dia sumringah karena ketemu kami, lahh ternyata habis nganterin pacarnya si mas put. (iya,mereka sepertinya pacaran, soalnya punya baju kapel, hahha)

okey, skalian mau bahas tentang mas put alias mas putra. Dia ini jg anak OJT sama kaya mas shandy. Tapi tampangnya masih imut, kaya anak edse yang mau masuk SMP, pas liat dia masuk ruangan, kirain anak siapa di bawa-bawa ke kantor, laahh ternyata udah tua =,=" Awalnya pendiem, ehh ke sini-sini malah sering usil.
Pertama kalinya di usilin pas di cengkareng, kami lagi wudhu di teras belakang kantor, ehh dianya malah ngunciin pintu =,= sejak saat itu kami sadar, dia tak selugu yang kami pikir, huh... Tapi, berkat kehadiran mas putra ini, kami jadi bisa lihat senyumannya mas shandy, sebelum mas put dateng, muka mas shandy gak banget, kaya lagi ngajakin brantem, tapi pas mas put dateng, tiada hari tanpa senyuman, haha.. Kalian cocok kok.

Nah,, adalagi nih yang imut menggemaskan. Namanya pak im alias pak imawan. Unyuuuu banget bapaknya. Mirip boneka, xiixixixii... Yang paling kami senengin dari bapak ini tuh, kami sepemikiran, dalam hal yang kurang baik sih sebenernya hehe... Pernah, tempo hari (buka aib dikit) kami lagi kepengen nonton iron man 3. Karena masih awal-awal jadinya kami berniat pergi awal juga biar gak kehabisan tiket. Tapi, jam pulang kantor tuh jam 4 sore, dan tempat nontonnya lumayan jauh dan macet pastinya kalau berangkat jam segitu.
Akhirnya kami memutuskan untuk pulang lebih awal, kira-kira jam 2 lah. Nah, kami gak tau gimana cara kaburnya... Kami bisik-bisik ngediskusiin cara keluarnya aja tuh di ruangan. Tapi, bisikan kami bukan bisikan biasa, alias super, alias semutpun bakal denger =,= iya, kami kalau bisik-bisik gak ngira-ngira, ternyata beberapa orang di kantor dengerin rencana kaburnya kami .__.
Yaitu pak damin, orang yang langsung memotong perdiskusian kami. "Udahh,, lewat belakang aja" ucap beliau
Karena ucapannya itu, kami langsung tercengang, lahh ternyata dari tadi ada yang nyimak .__. mampus.. Tapi, ehh boleh juga tuh sarannya, lewat belakang, haha...
Kami akhirnya make saran pak damin, tapi belum nyampe pintu belakang kami terhambat lagi sama pikiran yang bilang "gimana kalau kita kedapatan sama manager, bisa-bisa di cap jellek nih. Kami akhirnya menghentikan langkah. Dan di saat itu pula kami nyadar ternyata ada lagi yang dengerin pembicaraan kami tadi, dialah pak imawan. "Udaaahh,, bawa aja tuh panci, bilang mau di pulangin" saran pak im
HAaaaa,, genius, hahaaa... Jadi, pagi itu kami habis ngadain acara makan-makan di ruangan, yang masak k'mel (anak magang juga, tapi senior aku) dan peralatannya dari kosanku, akhirnya kami megang satu-satu panci dan perkakas makan (soalnya banyak banget) dan berjalan dengan entengnya meninggalkan kantor lewat depan, bhahhahaaaa...
Pak im juga yang ngenalin kami dengan "tiga dua". Tiga dua itu maksudnya indomie tiga bungkus untuk dua orang. Katanya kalau satu kedikitan, kalau dua kebanyakan, jadilah tiga dua itu, hehhehe ada-ada aja yah... Gak sampai situ, pak im juga yang ngajarin kami tepat waktu. Bukann,, bukan tepat waktu dateng kantor, tapi jam pulang kantor. Pak im yang paling semangat kalau jam udah merempet jam 4 hehee.. Jadi, kalau pak im udah beberes, kami pun ikut beberes hehhee...
Pak im sejolian sama pak subhan, kalau pulang suka barengan. Pak subhan ini gokil juga orangnya, dan adem liatnya. Kalau habis inspirsi pagi, bapak ini yang mimpin doa, kalau bapaknya gak ada, para pegawai saling nunjuk sana sini buat mimpin.

Nah, yang di atas itu semua yang ada di ruangan OPHAR, atau Operasi dan pemeliharaan.

Lanjut ke sebelah ruangan proteksi *bentar minum dulu*

*ceritanya udah minum*
Di ruangan ini, ada pak toto, mas irvan, mas ihsan, mas nur, pak bas dan pak duli...
Pak toto, orangnya juga suka usil dan suka bercanda, hehe tapi enak kalau lagi nanya-nanya tentang proteksi. PAkaiannya selalu rapih kalau kata aku sih.
Mas irvan, orang yang free style. Ngerjain sesuatu dengan gayanya yang ummm nyantai, kalau di ajakin ngobrol juga enak, kadang suka bercanda, dan kadang bercandanya keterlaluan =,=" sampai aku pernah ngambek gak mau ngobrol sama dia, hehe... Dia punya istri yang duhhh,, adem pisan euy. Mas ini enak juga di ajakin sharing tentang ilmu agama, sharingnya gak mengguri, lebih kepada nunjukin gimana kepercayaan dia tentang sesuatu. Orangnya juga kadang jail =,= tapi pinter menganalisa sesuatu.
Mas ihsan, pegawai baru di kantor. Karena baru, jadi sering di bully sama mas irvan dan teman-teman di proteksi dan di OPHAR. Paling sering di cengin karena masih jomblo, hahaa. Tenang mas, biasanya yang suka di cengin jomblo, dia yang paling cepet nikah :p Mas ihsan juga banyak bantu dalam proses pembuatan proyek akhirku, data-data juga banyak dari dia, dan buku barunya tentang proteksi juga aku sita dulu sampai PA aku selesai.
Mas nur, punya calon istri yang kerja juga di kantor yang sama, hehe.. Orangnya "mungkin" pendiem, pintar (orang yang pas aku nanya tentang proteksi malah ngasih aku PR -__-) dan punya banyak cerita yang tersirat hikmah di dalamnya, hihihihi.... Langgeng ya mass sama mba nur...
Pak bas, gak terlalu sering berkomunikasi sih, tapi bapak ini kelihatannya perhatian orangnya. Kalau aku lagi nanya di ruangan proteksi dan gak ada yang jampangin, bapak ini yang ngejawab pertanyaan aku. Setiap ada kesulitan pasti di bantuin :' Padahal kami lebih sering ngerepotinnya hiks maaf ya pak
Pak duli, bapak ini pembimbing aku selama magang walaupun sebenarnya kami jarang berinteraksi selama 4 bulan magang ini. Awal ketemu pak duli yang ada di pikiran aku cuman ini "gilaaa,,, pembimbing gw cakep banget" hahhaa... Udah bapak-bapak sih, tapi awet muda,, cakep banget kalau kata aku mah hehe, mirip artis lucky hakim, hiihihi.. Tapi, bapak ini gak pernah mau ngikutin kami kerjaan =,= mungkin karena kami brisik kali yah

dan masih banyak lagi pegawai-pegawai yang semuanya baik baik baik banget sama kami, pak tri yang selalu gak enak kalau kami pengen ikut pemeliharaan tapi mobilnya gak muat, mas deni yang suka usil, bapak-bapak K3 yang selalu memperhatikan sepatu kami yang gak pernah safety, pegawai yang ngajakin kami karaokean hehe, bapak-bapak ruangan administrasi, ruangan engeener juga, GI juga, mas yang suka berpapasan kalau dateng yang kalau nglakson kaya lagi bisik-bisik juga, pak rahmaaaaaaaaaatttttttt yang selalu seneng liat kami makan hahha, ahh smuanyaaa pookonya, smuanya baikk banget gak ada yang baiknya biasa aja, titik.
Dan paling mengesankan, buat pak manager, pak rito. Yang menghargai kehadiran kami, paling terharu pas petinggi dateng ke kantor dan pak manager juga memperkenalkan kami kepada petinggi itu, hiks gak nyangka.Bapak ini lucu, dan aku seneng cara dia ngasih reward ke pegawai yang berprestasi, cara dia ngomong menandakan dia itu bijaksana dan perhatian.

Over all,, we love you guys...
kami bener-bener beruntung bisa kenal kalian, bisa magang di sini. Gak salah pilih tempat. Bukannya dapat temen, malah dapet keluarga...
Semoga Allah selalu menjaga kalian, membalas semua kebaikan kalian, dan semoga kami jg bisa sebaik kalian, amin...
Makasih yaa skali lagi,, makasihhh :'

Buat adek-adek STTPLN yang mau magang, udahhh magang di PLN APP duri kosambi aja. Dimana lagi dapet tempat magang yang pegainya asik-asik dan baik smua. Baru seminggu magang udah di traktir nonton, pas mau ke PRJ di bayarin tiket masuk, hampir tiap hari di jajanin, gak pelit bagi ilmu, suasana kekeluargaannya apalagi... Recommnded banget deh, kecuali kalau pegawainya udah pada ganti yaaa,, kan beda orang beda cerita, hehe...

2 komentar:

  1. Kalau magang, pasti diperlakukan sebaik mungkin, kecuali kerja tetap, pasti banyak intrik politik kantor yang berkeliaran #pengalaman :)

    BalasHapus
  2. wah wah APP Durikosambi masuk blog :D apalagi yg dari BC Cikupa lebih keren2 orangnya

    BalasHapus