Senin, 14 Mei 2012

Hi Pals Monkey Icon
Kabar baik?
Pastinya yaa.. Apalagi aku denger2 bakal ada long weekend nih Monkey Icons

Yang udah bosen liatin blog aku di halaman utama isinya postingan lomba smua, kali ini aku mau crita tentang piknik ke kepulauan seribu kemarin.
Letssss goooMonkey Icons

Jadi, critanya komunitas @savestreetchid ngadain #piknikasik15mei yang di adain di kepulauan seribu.
Nah, karena aku kepengen banget jadi volunter di sana buat ikut ngajarin anak2 jalanan, jadi aku mention lah ke twitter mereka. Bilang apa boleh aku ikut? Ternyata acaranya terbuka untuk umum...
yaudah, aku langsung register dan bayar administrasinya.

Sebenernya aku tau komunitas ini baru sekitar sebulan yang lalu sih, pas ke acara #DaysOut2012 yang di adain @ngerumpi. Nah, di sana tuh anak @savestreetchild buka booth gitu. Karena penasaran, aku mampir ke boothnya nanya2, ini komunitas apaan?

Pas tau kalo ini komunitas buat ngajar2in anak jalanan, aku langsung histeris di tempat.Monkey Winks Yoyo
Soalnya dari dulu banget aku kepengen buat ngajar-ngajar anak jalanan, cuman karena beberapa kendala, dan gak tau mau kemana, jadinya gak pernah jadi deh.

Singkat cerita, jam 6 pagi hari minggu kemarin aku berangkat dari kosan ke kosan rahmi (sahabat aku yang aku ajak juga biar ada temen, hehhe). Nah, di kosan rahmi aku numpang sarapan dulu :p soalnya belum masak dan gak ada makanan sama skali di kosan #hiks

Habis itu capcus deh dari halte rawa buaya ke halte kalideres.
Di sana ketemu sama ose, citra, dan k'putri. Mereka smua pengajar dari SSC. Aku langsung minder sih, kirain aku ada banyak orang luar yang ikutan.

Nah, habis kekumpul smua yang meeting pointnya di kalideres, berangkatlah kita ke (lupa namanya, pokoknya daerah jakarta utara, tempat penyebrangan kapal gitu deh)

Daerahnya masih kumuh banget dan laut yang ada di situ item banget airnya.
Jalan dikit dan sampailah kami ke rumah singgah, tempat kakak2 SSC ngajarin anak2 jalanan itu.
Rumah singgah anak nelayan
suasana di dalam rumah singgah
Tiba di sana langsung di sambut hangat oleh beberapa anak-anak yang bakal ikutan piknik.
Tempatnya seru, semuanya terbuat dari bambu dan kayu (kecuali pagernya). Di dalem ada banyak buku, ada papan tulis gede, trus ada beberapa gambar yang di tempel di dinding hasil karya anak-anak.
Cuman sayang, daerah sekitar kurang bagus. Mungkin karena deket laut yang emang udah jadi sarana mata pencaharian penduduk setempat. Malah ada yang nyalain tape gedeeee banget, aku kirain ada konser dangdut, tau-taunya -___-

suasana di sekitaran rumah singgah
Nah, sambil persiapin barang-barang yang mau di bawa, kita makan dulu sebelum berangkat.

Habis makan, cerita2 bentar, udah deh langsung gooooo....
ini yang paling horor -__-
Kita kudu lewatin jembatan yang aku pikir bakal rubuh kalo aku yang lewat situ T^T
Tapi alhamdulillah engga :p

SIAAAPPP NYEBRANGGGGGG
suasana di kapal
Rencananya kita bakal datengin 3 pulau, Pulau kelor, pulau kahyangan, sama satu lagi lupa namanya apa, pokoknya di dalemnya ada museum gitu deh.

Dan setelah menempuh perjalanan selama beberapa abad, sampailah kami ke persinggahan pertama...
PULAU KELOR
Hasil jepret beberapa sisi Pulau kelor
bonus foto eike, muehhehhe
Ummm.. di sini, kita bentar doang sih, soalnya pulaunya kecil jadi pemandangannya kurang puas buat di lihat. Tapi karena air lautnya yang seger,, beberapa anak2 bahkan kakak2nya pun ikutan nyebur (no pict tapi, hehhe). Setelah puas berenang, kita lanjut lagi ke pulau kedua, yaitu:

PULAU KAHYANGAN

Baru juga turun dari kapal, anak2 udah dihebohkan oleh segerombolan bulu babi. Sebenernya aku agak gimana gitu kalo liat bulu babi, soalnya beliau-beliau itu pernah menyobek telapak kakiku pas masih SD =.= (maaf, mendadak curhat, muehehhe)
Tapi, aku baru tau kalo ternyata bulu babi itu bisa dimakan. Yaudah, niatan balas dendam ma si bulu babi, akhirnya aku lahap juga idup-idup. Seerrrrr (lumayan loh rasanya, kaya salmon yang ada di sushi :3)

Di sana kita sharing2 satu sama lain. ya karena aku masih baru, jadinya aku ngedengerin doang.
Ihhh,, sumpah aku salut banget sama kakak2 #pengajarkeren @savestreetchild. Bayangin aja yah, ada yang dari bogor bela2in dateng ke jakarta bolak balik cuman buat ngajar. Ada juga yang laen yang mesti nempuh perjalanan 4 jam baru nyampe buat ngajar. Aaaaaaku salut banget sama perjuangan dan niat baik mereka.
Yang aku salut lagi sama pengajar di distrik pocin (pondok cina). Asal mereka beda2, ada yang deket, ada yang jauh, ada yang jauuuhhh banget. Trus di sana, mereka gak langsung ngajar, tapi nyari anak jalanan yang mau di ajar dulu, makanya tiap minggu yang di ajar pasti beda dengan minggu lalu.
Udah dateng jauh2, ngabisin ongkos, jalan sana sini nyari anak yang mau di ajar, capek pula, gak di gaji pula.. huhhuhuuu kapan yahhh aku bisa kayak mereka Monkey Icons

Makanya, aku ikutan ini biar ada lah sedikit numbuh rasa perhatian aku sama anak2 yang lain T^T
Dan alhamdulillah, aku di bolehin ngajar di distrik Taman Anggrek. AAAAAAAA smogaa akkuuuuu betahh ya Allohhhh.. Habisnya aku suka bosenan orangnya =.=
Kendala yang di rasakan tiap2 distrik beda2, ada yang muridnya cuman dikit, ada yang pengajarnya yang dikit (katanya pengajar di distrik itu pada sibuk), ada yang tempatnya di gusur mulu, ada yang anak2nya gengsian kalo mau di ajar (soalnya mereka ada yang hampir seumuran sama kita remaja2 gitu, jadi mungkin mereka agak risih kali yak) dan macem2 dehh... Tapi semua terpatahkan oleh semangat kakak2 SSC Monkey Emoticons

Habis crita2, kita jalan2 bentar keliling2 pulau. Habis itu lanjuttt ke pulai terakhir

PULAU (entah namanya apa)

Isi pulaunya tuh museum peninggalan belanda. Sebagian bangunannya udah rata dengan tanah, sebagian lagi masih utuh. Museumnya kecil sih, tapi pekarangannya sangat luas.
Noh, bayangin aja, beling piring pun di box kaca gitu -__-
ihihihiihihih,, ada penampakan :p
Bandingin deh, yang di atas itu makam pribumi, sedangkan yang di bawah makam org2 belanda
beda banget yakk -___-

Selain makam, ada juga ruangan bekas penjara. Aku ngerekam sih dari luar tapi takut ah buat diaplot, ntar blog ku kenapa2 lagi >.<

Habis capek keliling2, udahh dehh,,, kita pulang.
Perjalanan pulang ombaknya ngajakin berantem, kerjaan kita cuman teriaak "AWWWWWW" "WOOOWWWW" "YEEEYEELALALA" #eh
 Karena capek teriak, jadinya aku ketiduran deh, tau2 pas bangun udah nyampe :p

Oke, sekian cerita #piknikasik13mei bareng @savestreetchild :D
Makasih buat smuanya yang udah ngasih pencerahan, berbagi pengalaman dan ilmu :*
Doain aim ya qaqaa smoga bisa kaya kalian :)